Sabtu, 09 Juni 2012

PERKEMBANGAN ARTISTIK ANAK DI SD MENGENAL KARAKTERISTIK SISWA SD

BAB 4
PERKEMBANGAN ARTISTIK ANAK DI SD
MENGENAL KARAKTERISTIK SISWA SD
Guru sebagai pelaksana proses pendidikan dan pembelajaran sudah selayaknya memiliki kompetensi dalam menjalankan tugas profesinya. Kompetensi yang dimasksud adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Secara khusus berkaitan dengan Bahan Balajar Mandiri ini adalah kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru. Syukur, Dkk (2005: 5-6) menjelaskan bahwa: “Standar Kompetensi Pedagogik Guru Seni adalah memiliki kemampuan mengelola peserta didik yang meliputi: pengetahuan dan pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran peserta didik, evaluasi hasil belajar, penelitian kelas, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya”.
Atas dasar di atas, sebelum Anda memahami lebih jauh mengenai perkembangan seni rupa anak-anak pada jenjang pendidikan dasar, maka terlebih dulu perlu dipahami karakteristik khusus anak pada usia sekolah dasar serta peran yang harus dilakukan dalam mengembangkan fotensi anak berdasarkan karakteristik yang dimilikinya. Karakteristik yang dimiliki oleh anak-anak ini akan mendasari pemahaman Anda dalam memahami perkembangan seni rupa lebih lanjut. Sedangkan pemahaman peran guru akan melandasi bagaimana seharusnya guru dalam menghadapi kondisi siswa sekolah dasar dalam konteks pembelajaran.
A. Karakteristik, Fase dan Tugas Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar
1. Karakteristik dan Fase Perkembangan Anak
Masa anak-anak (midle childhood) berlangsung antara usia 6 – 12 tahun. Masa ini sering disebut juga masa sekolah, yaitu masa matang untuk belajar atau masa matang untuk sekolah. Pada masa ini mereka menginginkan untuk menguasai kecakapan-kecakapan baru yang dapat diberikan oleh sekolah. Simanjuntak dan Pasaribu (1983: 68) menegaskan bahwa salah satu tanda permulaan periode bersekolah ini ialah sikap anak terhadap keluarga tidak lagi egocentris melainkan objektif dan empiris terhadap dunia luar. Jadi telah ada sikap intelektualis sehingga masa ini disebut periode intelektual. Hal ini sejalan dengan pendapat Nasution (1995: 44) bahwa masa usia sekolah ini sering disebut sebagai masa intelektual atau masa keserasian sekolah. Pada masa ini secara relatif anak-anak mudah untuk dididik dari pada masa sebelumnya dan sesudahnya
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa karaktertistik prilaku anak pada usia ini berdasarkan jenis kelaminnya diketahui bahwa anak laki-laki lebih banyak melakukan agresivitas, aktivitas, dominasi dan inpulsif dalam tingkah lakunya. Mereka memiliki kecakapan mengamati ruang dan pengertian kuantitatif lebih kuat dan lebih baik dibandingkan dengan anak wanita. Sementara itu, anak wanita lebih banyak melakukan tingkah laku cemas. Akan tetapi mereka mempunyai kecakapan verbal yang lebih baik dari pada anak laki-laki.
Pada usia 6-12 tahun ini, objek gambar anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan. Hal idi ditegaskan oleh Fisher (1978: 5) bahwa pada umumnya anak perempuan menggambar pemandangan (lanscape) yang dilengkapi dengan binatang, pohon, bunga, bangunan, orang dan mata hari. Sementara itu anak laki-laki menggambarkan suasana perang, mobil, perahu, atau kartun.
Pada jenjang pendidikan sekolah dasar ini dapat diperinci menjadi dua fase, yaitu:
1.
Masa kelas-kelas rendah sekolah dasar, kira-kira umur 6,0 atau 7,0 sampai umur 9,0 atau 10,0.
2.
Masa kelas-kelas tinggi sekolah dasar, kira-kira umur 9,0 atau 10,0 sampai umur 12,0 atau 13,0.
Dari pembagian fase masa keserasian sekolah di atas maka (Nasution, 1995: 45) memperinci beberapa sifat khas anak pada masing-masing fase sebagai berikut:
1) Masa Kelas-kelas Rendah Sekolah Dasar
a)
Adanya korelasi positif yang tinggi antara keadaan kesehatan pertumbuhan jasmani dengan prestasi sekolah.
b)
Adanya sikap yang cenderung untuk mematuhi peraturan-peraturan permainan yang tradisional.
c)
Ada kecenderungan memilih sendiri
d)
Suka membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain, kalau hal itu dirasanya menguntungkan untuk meremehkan anak lain.
e)
Kalau tidak dapat menyelesiakan sesuatu soal, maka soal itu dianggapnya tidak penting.
f)
Pada masa ini (terutama pada umur 6,0 sampai 8,0) anak menghendaki nilai (angka rapor) yang baik, tanpa mengingat apakah prestasinya memang pantas diberi nilai baik atau tidak
2. Masa Kelas Kelas Tinggi Sekolah Dasar
Bebarapa sifat khas anak-anak pada masa ini adalah sebagai berikut:
a)
Adanya minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkret; hal ini menimbulkan danya kecenderungan untuk membandingkan pekerjaan-pekerjaan yang praktis.
b)
Amat realistik, ingin tahu dan ingin belajar.
c)
Menjelang akhir masa ini telah ada minat terhadap hal-hal dan mata pelajaran khusus, yang oleh ahli-ahli yang mengikuti teori faktor ditafsirkan sebagai mulai menonjolnya faktor-faktor.
d)
Sampai kira-kira umur 11,0 anak membutuhkan guru atau orang-orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugasnya dan memenuhi keinginnannya; setelah kira umur 11,0 pada umumnya anak menghadapi tugas-tugasnya dengan bebas dan berusaha menyelesaikannya sendiri.
e)
Pada masa ini anak memandang nilai (angka rapor) sebagi ukuran yang tepat (sebaik-baiknya) mengenai prestasi sekolah
f)
Anak-anak pada masa ini gemar membentuk kelompok sebaya, biasanya untuk dapat bermain bersama-sama. Di dalam permainan ini anak tidak lagi terikat pada aturan permainan yang tradisonal; mereka membuat peraturan sendiri.
2. Tugas Perkembangan (Development Task) Anak Usia Sekolah Dasar
Dalam kajian psikologi pendidikan Muhamad Surya (1992: 13) mengelompokkan ada tiga ciri utama pada masa sekolah dasar ini, yaitu:
1.
Dorongan anak untuk ke luar rumah dan masuk ke dalam kelompok sebaya (peer group).
2.
Keadaan fisik yang mendorong anak untuk masuk ke dalam dunia permainan dan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan.
3.
Dorongan mental untuk memasuki dunia konsep-konsep, logika, simbol (lambang) dan komunikasi secara dunia.
Sejalan dengan tiga ciri utama di atas, maka tugas perkembangan pada usia sekolah dasar ini di antaranya:
1.
Mempelajari keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan
2.
Membina sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai suatu organisme yang sedang berkembang.
3.
Belajar bergaul dengan teman yang sebaya.
4.
belajar berperan sebagai pria atau wanita seara tepat.
5.
mengembangkan dasar-dasar keterampilan membaca, menulis dan berhitung dengan baik sesuai dengan tuntutan masyarakat.
6.
mengembangkan konsep-konsep yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari
7.
mengembangkan kata hati, moral dan skala-skala nilai.
8.
Mencapai kemerdekaan pribadi
9.
Mengembangkan sikap terhadap kelompok dan lembaga sosial.
Sumber:
Fisher, E. F. (1978). Aesthetic Awareness and the Child. Illionis: F. E. Peaccock Publishers, Inc.
Nasution, Noehi. (1995) Psikologi Pendidikan. Jakarta Universitas Terbuka
Surya, Moh. ( 1992) Psikologi Pendidikan (Cetakan ke 5 (Revisi). Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP IKIP B andung.
Syukur, Sugeng. (2005). Peta Kompetensi Guru Seni (Seni Rupa, Seni Tari, Seni Musik). Bandung: Kerjasama Direktorat Jendral PMPTK Depdiknas dengan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni UPI.
LATIHAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih a, b, c, atau d pada jawaban yang paling benar
1.
Anak usia 6- 12 tahun disebut masa sekolah. Hal yang mendukung pernyataan tersebut di antarnya, kecuali….
a.
anak memiliki minat untuk sekolah
b.
anak memiliki kematangan untuk belajar
c.
anak mulai bergaul dengan teman sekolah
d.
anak memiliki sikap egosentris terhadap temannya
2.
Yang termasuk sifat-sifat khas anak kelas rendah adalah kecuali…
a.
Adanya korelasi positif yang tinggi antara keadaan kesehatan pertumbuhan jasmani dengan prestasi sekolah.
b.
Adanya sikap yang cenderung untuk mematuhi peraturan-peraturan permainan yang tradisional.
c.
Adanya minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkret; hal ini menimbulkana danya kecenderungan untuk membandingkan pekerjaan-pekerjaan yang praktis.
d.
Suka membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain, kalau hal itu dirasanya menguntungkan untuk meremehkan anak lain.
3. Keadaan fisik yang mendorong anak untuk masuk ke dalam dunia permainan dan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan. Hal ini merupakan salah satu… anak usia sekolah dasar.
a.
Tugas perkembangan
b.
Ciri utama perkembangan
c.
Karakteristik perkembangan
d.
Fase perkembangan
4. Salah satu karakteristik perkembangan anak kelas 1 dan 2 sekolah dasar adalah sangat menyenangi permainan imajinatif, tari, cerita dan permainan. Berdasarkan kondisi tersebut sebaiknya memberikan pengajaran berupa….
a.
Menggunakan boneka dan dibuat cerita
b.
Kegiatan permainan psikomotor dan main peran
c.
Menyajikan banyak topik sebagai bahan motivasi
d.
Memajang pekerjaan (karya) di ruangan kelas
5. Sampai kapan kira-kira anak membutuhkan guru atau orang dewasa lain untuk menyelesaikan tugasnya?
a.
Sampai usia 8 tahun
b.
Sampai usia 9 tahun
c.
Sampai usia 10 tahun
d.
Sampai usia 11 tahun
6. Manakah karakteristik perkembangan anak kelas 5 dan 6 yang tepat?
a.
Mengagumi gerak dan alat alat mekanik
b.
Koordinasi mata dan tangan telah terimproviasasi
c.
Menyenangi bekerja dalam proyek berkelompok
d.
Menyenangi buku komik
7. Dalam kegiatan mengajar, manakah peran guru sebagai model dalam pembelajaran?
a.
guru melibatkan diri untuk ikut mewarnai gambar secara berkelompok.
b.
guru menentukan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran seni.
c.
guru mengarahkan minat siswa dalam memilih materi pembelajaran seni.
d.
guru memberikan penjeasan cara mengolah dan mewarnai gambar.
8. Berikut ini adalah kemampuan merespon karya oleh anak kelas 5 dan 6 sekolah dasar, kecuali.…
a.
melakukan kritik seni.
b.
Menilai karya seni.
c.
Membahas keunggulan karya
d.
Mengamati karya
9. Salah satu bentuk peran guru sebagai pengelola kelas adalah….
a.
memimpin diskusi dalam membahas karya seni
b.
menjelaskan teknik membuat karya seni.
c.
Memberikan bimbingan terhadap siswa dalam berkarya
d.
Menentukan kesulitan siswa dalam berkarya
10. Pemahaman karakteristik anak perlu diketahui dan dipahami oleh guru dalam menjalankan tugas profesinya. Hal ini merupakan landasan… dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.
a.
psikologis
b.
sosial
c.
budya
d.
ilmu
TUGAS
Untuk mengetahui pemahaman Anda terhadap materi yang telah dipelajari, silahkan Anda mengejakan latihan.
2.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan masa anak-anak sekolah dasar.
3.
Bagaimana kecenderungan prilaku anak-anak berdasarkan jenis kelamin pada usia sekolah dasar?
4.
Uraikan tugas perkembangan anak usia sekolah dasar.
Glosarium:
Agresivitas : sikap agresif.
Kelas rendah : usia anak kelas 1 – 3 sekolah dasar, kira-kira umur 6,0 atau 7,0 sampai umur 9,0 atau 10,0.
Kelas tinggi : usia anak kelas 4-6 sekolah dasar, kira-kira umur 9,0 atau 10,0 sampai umur 12,0 atau 13,0.
Kelompok sebaya : teman seusianya.
Tugas Perkembangan : tugas yang dimiliki individu dalam kehidupannya, fase perkembangan tiap orang hampir sama, namun tempo perkembangan tiap individu berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar